Oat untuk Nutrisi dari Whole Grain
Dapatkan berbagai info seputar kesehatan, yang akan
membantu Anda untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat.

8 Langkah Untuk Jantung Sehat

Penyakit kardiovaskular pada umumnya hasil dari aterosklerosis, yaitu kondisi dimana terjadi penumpukan plak di arteri. Penumpukan ini berkembang secara bertahap dari waktu ke waktu, dalam bentuk lapisan lemak lunak yang terbentuk sepanjang dinding bagian dalam arteri. Ketika penumpukan terus terjadi, lapisan lemak lunak tersebut mulai mengeras menjadi plak yang menyempitkan aliran darah melalui arteri. Hal inilah yang dapat menyebabkan serangan jantung, pembentukan penyumbatan darah, atau stroke.

Ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan apakah Anda akan memiliki atau tidak, penyakit kardiovaskular dalam hidup Anda.. Beberapa faktor resiko berada di luar kendali Anda, seperti jenis kelamin dan gen Anda, misalnya. Pria biasanya memiliki resiko lebih tinggi mengalami penyakit kardiovaskular daripada wanita, demikian juga dengan orang-orang yang memiliki kerabat dengan penyakit kardiovaskuler. Ada beberapa faktor resiko lainnya, namun, hal tersebut dapat dikendalikan atau bahkan dihilangkan bila Anda menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut adalah 8 langkah yang dapat Anda lakukan untuk memiliki jantung yang sehat dan menurunkan kemungkinan Anda untuk terkena penyakit kardiovaskular:

Ketahui Faktor Resiko Anda

Adalah penting untuk dapat mengetahui setiap faktor resiko yang mungkin Anda miliki. Sebagai contoh, jika Anda memiliki orang tua atau anggota keluarga lain yang dekat dengan penyakit kardiovaskular, Anda berada pada resiko yang lebih tinggi. Kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular juga cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Orang yang penderita diabetes memiliki resiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi karena gula darah tinggi dikaitkan dengan penyempitan pembuluh darah. Orang yang menderita diabetes juga cenderung memiliki tingkat kolesterol "baik" HDL yang rendah dan meningkatkan kadar trigliserida (lemak darah).

Pilihlah Makanan yang Sehat
Diet anda dapat memiliki dampak yang besar pada resiko Anda untuk terkena penyakit kardiovaskular. Batasi untuk mengkonsumsi daging merah, goreng-gorengan, atau makanan berlemak . Penuhilah diet anda dengan buah-buahan dan sayuran segar, daging tanpa lemak seperti unggas dan makanan laut, dan makanan kaya serat seperti Quaker Oat dan roti whole grains.

Jika Anda kelebihan berat badan, usahakan untuk mencapai berat badan yang ideal dan pertahankan.
Jika Anda saat ini kelebihan berat badan, resiko Anda untuk terkena penyakit kardiovaskular lebih tinggi. Berkurangnya 5 sampai 10 kg berat badan dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular. Konsultasikan dengan dokter Anda atau ahli diet untuk pola makan yang sehat yang tepat untuk Anda.

Membuat dan mengikuti program latihan secara rutin.

Menurut Pedoman Diet untuk Amerika, 2005, dianjurkan untuk mengurangi resiko penyakit kronis untuk setidaknya 30 menit melakukan olahraga intensitas sedang setiap hari dalam seminggu. Konsultasikan dengan dokter keluarga Anda untuk mengetahui bentuk bentuk kegiatan sesuai untuk usia Anda dan kondisi fisik yang Anda miliki.

Periksakan kadar kolesterol dan tekanan darah Anda secara teratur.

Mintalah kepada dokter keluarga Anda untuk memeriksa kadar kolesterol dan tekanan darah setidaknya sekali dalam setahun. Jika salah satu dari dua hal tersebut kadar tinggi, maka resiko Anda untuk terkena penyakit kardiovaskular akan meningkat. Dokter Anda dapat membantu Anda mengubah gaya hidup Anda dengan meningkatkan pola diet dan menambahkan latihan dalam rangka untuk mengendalikan kadar kolesterol dan tekanan darah Anda. Dalam beberapa kasus, dokter Anda juga dapat memberikan resep obat untuk membantu mengembalikan kolesterol Anda atau angka tekanan darah ke tingkat normal.

Jika Anda merokok, Berhentilah!

Merokok merupakan salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular. Menurut American Medical Association, orang bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular adalah dengan (hampir setengahnya dalam satu tahun) berhenti merokok.

Kendalikan Tingkat Stress Anda

Stres berkontribusi pada penyakit jantung. Stres juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dan dapat menyebabkan perilaku tidak sehat seperti merokok atau mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Cobalah berlatih meditasi atau yoga sebagai cara untuk menanggulangi stres. Ambil beberapa menit dari setiap hari dan lakukan kegiatan yang Anda sukai, seperti mendengarkan musik atau membaca, misalnya.

Jangan Abaikan Tanda-Tanda yang Muncul.

Sensasi perasaan terbakar di dada Anda mungkin merupakan gangguan pencernaan, tetapi juga bisa menjadi tanda peringatan adanya penyakit kardiovaskular. Gejala lain mungkin termasuk rasa sesak yang berasal dari tulang dada dan masuk ke rahang, leher dan lengan atau sesak napas. Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, jangan abaikan. Biarkan dokter Anda menentukan apa yang menyebabkan hal tersebut dan ikuti sarannya.

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian

Sementara beberapa penyebab berada di luar kendali Anda,namun ada juga yang bisa anda kendalikan. Jika Anda mengikuti diet yang sehat dan melakukan gaya hidup aktif, Anda mungkin dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Konsultasikan dengan dokter keluarga Anda untuk menentukan pola gaya hidup yang tepat untuk Anda.

« Kembali ke Tips

Login

Email Address

Password

Or, Login with

-->